5 Kiat Sederhana Belajar Bahasa Inggris Bag. 1 - MERINGGRIS
Update
Loading...

Friday 3 February 2017

5 Kiat Sederhana Belajar Bahasa Inggris Bag. 1


MERINGGRIS Pada dasarnya, belajar Bahasa Inggris adalah suatu proses yang panjang dan berkelanjutan. Memerlukan dedikasi tinggi yang akan menguras waktu, tenaga, pikiran, dan materi. Penuh perjuangan dan tidak instan.
Jadi, kalau di internet banyak menemukan penawaran yang mengiming-imingi kalian bisa jago bahasa Inggris dalam waktu sangat singkat atau instan, itu bohong besar. ☺
Seriously. If you don't believe me now, you will, someday.

Ok, kembali ke topik tulisan ini, berikut bagian pertama 5 kiat sederhana dalam belajar Bahasa Inggris yang saya terjemahkan bebas dari laman Linkedin dengan judul asli 10 Simple Tips in Learning English.



TUJUAN.
Tentukan tujuan, mengapa kamu harus belajar Bahasa Inggris? Ini WAJIB. Mengapa kamu harus bisa komunikasi menggunakan Bahasa Inggris? Dengan mengetahui tujuan yang pasti, maka akan membantu proses belajar kamu harus seperti apa. Misal, tujuan kamu belajar Bahasa Inggris adalah karena sering jalan-jalan/liburan ke luar negeri, sehingga perlu bisa berkomunikasi agar liburan kamu lebih bermakna. Iyalah, masa ke luar negeri cuma buat planga-plongo atau foto doang, kan sayang... Nah, kalau sudah tahu tujuannya seperti itu, ya sudah, kamu tinggal fokus belajar Bahasa Inggris untuk travelling atau percakapan sehari-hari. Tidak perlu mempersulit diri dengan mempelajari perbedaan present perfect dengan past simple.

FOKUS.
Fokus merupakan salah satu kunci keberhasilan. Dalam berbagai hal. Maka, jika kamu ingin berhasil dalam Bahasa Inggris, ya kamu harus fokus dengan pelajaran Bahasa Inggris yang ingin/sedang/mau dipelajari.

BERTANYA.
Rasa ingin tahu yang besar dalam belajar memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Kapanpun kamu merasa tidak paham atau ada yang mengganjal tentang suatu materi Bahasa Inggris, tanyakan! Dengan bertanya kamu akan belajar (banyak!).



BUAT CATATAN.
Di jaman serba digital dan mudah seperti sekarang ini, mencatat menjadi hal yang kerap dilupakan para pembelajar. Jika menemukan kosakata/ungkapan yang tidak mengerti catatlah, dan cari artinya. Buat catatan tentang materi pelajaran yang kamu pelajari, bahkan ketika membaca buku sekalipun. Catat kembali materi yang dipelajari dengan tulisan versi kamu sendiri yang mudah dipahami.

MEMBACA.
Tak bisa disangkal lagi, membaca adalah proses penting dalam belajar. Membaca adalah proses input data yang dapat memperkaya database suatu ilmu di dalam otak kita, sehingga nantinya kita bisa menghasilkan suatu output. Logika sederhananya, bagaimana bisa menghasilkan output jika inputnya saja tidak ada. Maka, membacalah!. Read. Iqro. Sesuaikan bacaan dengan tingkat pemahaman Bahasa Inggris kita, jika membeli buku itu menurut kita sesuatu yang mahal, internet adalah solusi yang tepat untuk menemukan berbagai sumber bacaan, secara gratis. Tidak ada koneksi internet? Perpustakaan adalah kunci.

Nah, demikian 5 kiat sederhana bagi kalian yang sedang berjuang untuk bisa berbahasa Inggris. Jika kalian masih membaca hingga tulisan ini, congrats!, itu membuktikan bahwa kamu benar-benar serius ingin bisa berbahasa inggris. Silahkan baca 5 kiat lainnya di SINI.


Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments

Apa Bahasa Inggrisnya?


Notification
Bingung ngerjain tugas? PR? Pengen konsultasi tapi gak tau harus ke siapa? Tenang... Kita bantuin kamu! Cuma 20rb/30 menit klik di sini!
Done