MERINGGRIS
Update
Loading...

Grammar

[Grammar][recentbylabel]

Conversation

[Conversation][recentbylabel]

Expressions

[Expression][recentbylabel]

Wednesday, 27 November 2019

Apa itu Noun?


Noun merupakan salah satu jenis kata. Dalam bahasa Indonesia sendiri artinya adalah kata benda. Kata benda bisa jadi adalah orang, hewan, tempat, benda mati, atau suatu konsep. Pada postingan kali ini kita akan bahas beberapa hal terkait Noun.


Jenis Noun

Noun sendiri bisa terbagi ke dalam beberapa jenis, diantaranya:

  1. Proper Noun
  2. Common Noun
  3. Abstract Noun 
  4. Concrete Noun 
  5. Countable Noun 
  6. Non-countable Noun 
  7. Collective Noun 
  8. Compound Noun
Terkait berbagai jenis noun ini, akan dibahas lebih mendalam pada postingan terpisah.
Back to Content

Contoh Noun


Orang (people) Teacher, Man, Woman, Mr. Jack, Youtuber
Hewan (animal) Tiger, Elephant, Lion, Rabbit, Chicken
Tempat (place) Mountain, Hospital, School, Bandung, London
Benda (thing) Laptop, Door, Window, Book, Pencil, Motorcycle
Konsep (concept) Love, Happiness, Fear, Religion, Knowledge
Back to Content



Fungsi Noun Dalam Kalimat

Noun memiliki beberapa fungsi dalam sebuah kalimat, diantaranya yaitu sebagai subjek dan objek.

Noun sebagai Subject:
Bandung is my favourite city.
Kata "Bandung" pada kalimat di atas merupakan Noun yang berfungsi sebagai subjek kalimat.

Noun sebagai Object:
He loves cat.
Kata "cat" pada kalimat di atas merupakan Noun yang berfungsi sebagai objek kalimat.
Back to Content


Nah, setelah membaca dan mempelajari penjelasan di atas semoga kalian sudah paham apa itu noun yah. Jadi apa itu noun?

Noun adalah Kata Benda

Monday, 25 November 2019

Apa Itu Grammar?


MERINGGRIS - Siapapun yang belajar bahasa Inggris tentu sudah tidak asing lagi mendengar kata Grammar. Materi tentang grammar menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Namun, tahu kah kalian apa pengertian dari grammar itu sendiri?

Banyak pendapat dan referensi yang mengartikan tentang grammar bahasa Inggris itu sendiri. Berikut beberapa diantarnya:


Cambridge Dictionary 

(the study or use of) the rules about how words change their form and combine with other words to make sentences
Back to Content

Collins Dictionary

The ways that words can be put together in order to make sentences.
Back to Content

Linguistic Society of America 

For linguists, grammar is simply the collection of principles defining how to put together a sentence.
Back to Content

Britannica  

Rules of a language governing the sounds, words, sentences, and other elements, as well as their combination and interpretation.
Back to Content


Dari beberapa pengertian tentang grammar di atas, bisa kita simpulkan secara sederhana bahwa pada intinya...

Grammar adalah tentang aturan berbahasa (rules)

Dalam konteks belajar bahasa Inggris, grammar ya aturan berbahasa Inggris, bagaimana suatu kalimat dibentuk.

Mempelajari grammar adalah salah satu strategi agar seseorang bisa lancar atau fasih berbahasa. Karena dengan mempelajari hal tersebut, maka akan membantu kita memahami bagaimana suatu bahasa dibentuk dan digunakan, apalagi jika bahasa-baru yang sedang kita pelajari memiliki sistem/pola pembentukan kalimat yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Ya seperti bahasa Inggris ini.

Jadi, selamat belajar grammar, ya! 😃

Illustration: by macrovector_official / freepik.com



Monday, 29 July 2019

Apa Bahasa Inggrisnya RATUSAN, RIBUAN, dan JUTAAN?


MERINGGRIS - Di postingan ini kalian akan belajar bagaimana membaca bilangan RATUSAN, RIBUAN, RATUSAN RIBU, dan JUTAAN dalam bahasa Inggris. Hal ini tentu sangat penting ketika kita harus berhubungan dengan nominal uang. Baik, langsung saja kita bahas!

Untuk RATUSAN, kamu bisa bilang:
Hundred
Untuk RIBUAN, kamu bisa bilang:
Thousand
Untuk RATUSAN RIBU, kamu bisa bilang:
Hundred thousand
Untuk JUTAAN, kamu bisa bilang:
Million
Berikut contoh penggunaannya.

FIVE HUNDRED

ONE THOUSAND

FIVE THOUSAND

FIFTY THOUSAND

ONE HUNDRED THOUSAND

ONE MILLION



Gimana sudah paham sekarang? Mudah bukan? Seperti biasa, langsung dipraktekan agar semakin lancar dan tak mudah lupa. Demikian, semoga bermanfaat... 😊

Silahkan tulis di kotak komentar di bawah jika ada yang masih ingin ditanyakan, dan jangan lupa di-share agar teman-teman kamu bisa ikut belajar bahasa Inggris.

Penulis: Dindin MK

Wednesday, 14 June 2017

Apa bahasa Inggrisnya RUKUN ISLAM?


Apa bahasa Inggrisnya Rukun Islam?

1. Syahadat - Shahada
2. Salat - Prayer
3. Zakat - Almsgiving
4. Puasa - Fasting (during Ramadan)
5. Haji - Hajj

Bagi seorang Muslim, ada baiknya tidak perlu menerjemahkan istilah2 tersebut di atas ke dalam B. Inggris. Sebut saja sebagaimana biasanya. Karena memang istilah2 tersebut pada dasarnya merupakan serapan dari Bahasa Arab, bukan asli Bahasa Inggris.

Semoga bermanfaat. 😀


Penulis: Dindin MK

Monday, 3 April 2017

Arti Ungkapan WHAT DO YOU SAY


MERINGGRIS - Ungkapan "WHAT DO YOU SAY?" dalam B. Indonesia memiliki beberapa makna, yaitu kurang lebih
"Gimana menurut kamu?" / "Bilang apa?" .
Ungkapan ini bisa digunakan untuk:
1. Menanyakan pendapat/keputusan
Wife: Let's eat out tonight, what do you say?
Husband: Ok, bos...
Istri: Makan di luar yuk malem ini, gimana menurutmu?
Suami: Siap bos!
2. Menyuruh/mengingatkan seseorang (anak2 biasanya) buat bilang terima kasih, maaf, dsj.
Ya, kaya misalnya adik kita yg masih umur 3th dikasih hadiah sama nenek, terus dia gak bilang "terima kasih". Nah, saat seperti itu biasanya kita suka ngingetin dengan ngomong
"eh, bilang apa?" biar adiknya ngomong "Terima kasih".

Oma: Hello sweetheart, this is a present for you.
Your little sister: :)
You: Hey, what do you say?
Your little sister: Thank you grandma. I love you.

Oma: Halo sayang, ini Oma bawa hadiah buat kamu...
Adikmu: :)
Kamu: Hey, bilang apa?
Adikmu: Makasih nenek. Aku saaayang nenek.

Demikian, semoga bermanfaat. 😀


Penulis: Dindin MK

Wednesday, 8 March 2017

Apa bahasa Inggrisnya BEGADANG?


MERINGGRIS - Ungkapan STAY UP LATE artinya kurang lebih BEGADANG dalam B. Indonesia.

Contoh penggunaannya:

I'm staying up late now.
Aku lagi begadang.

I usually eat stone, when I stay up late at night.
Aku sih biasanya makan batu, kalo lagi begadang.

Semoga bermanfaat. 😀


Penulis: Dindin MK

Friday, 3 March 2017

Penggunaan Kata "WILL"?

Dalam bahasa Indonesia "WILL" artinya "AKAN", penggunaannya dalam kalimat pun sangat mudah, sebagaimana kita menggunakan kata "akan" dalam percakapan.
_ _ _ _ _

Baik langsung saja, perhatikan contohnya:

Kita AKAN main Nintendo malam ini.
We WILL play Nintendo tonight.

Saya AKAN membeli buku.
I WILL buy a book.

Mereka AKAN mengunjungi museum besok.
They WILL visit museum tomorrow.
_ _

Dia tidak akan datang.
Dia mah gak bakalan dateng.

She WILL NOT come.
She WON'T come.

Aku GAK AKAN melakukan hal itu.
I WON'T do that.
_ _

WON'T = WILL NOT
artinya tidak akan; gak akan; gak bakalan.



Apa Bahasa Inggrisnya?



Vocabulary

[Vocabulary][recentbylabel]

Reading

[Reading][recentbylabel]
Notification
Tes kemampuan bahasa Inggris kamu, klik di sini!
Done